Airin Ajak Warga Tangsel Taat Hukum
Tanggal Posting : Jumat, 20 Sepember 2019 | 17:21
Pengirim : Dodi Rustandi - Dibaca : 150 Kali
Walikota Tangsel Airin Rachmi Riany

Tangsel, Jurnalinfo.com-Walikota Tangsel Airin Rachmi Riany memberikan apresiasi pada kelompok Sadar Hukum (Kadarkum) yang dibina oleh Bagian Hukum Setda Kota Tangsel. Lima kelompok dari lima kecamatan mengikuti cerdas cermat tentang hukum.

Airin melalui pidatonya di tengah acara cerdas cermat mengungkapkan bahwa setiap warga negara wajib tahu hukum. Hukum dibuat berdasarkan norma, azas yang diberlakukan sejak dulu dan dibuat secara tertulis. Jadi jika ada warga tidak mengetahui hukum itu salah.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bentuk sosialisasi kepada masyarakat apa itu hukum, norma serta azas dan etika. Harapannya dengan target capaian perastasi maka akan menimbulkan motivasi kendati juara bukan segala-galannya," ungkapnya di Balai Kota Tangsel, Ciputat, Banten, 17 September 2019.

Karena lanjutnya, proses sadar hukum akan tumbuh secara berangsur-angsur dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat.

Demikian dipertegas oleh Kepala Kantor Wilayah Hukum Provinsi Banten Kemenhum HAM Imam Suyuthi bahwa satu hal yang harus perlu diwujudkan bersama dalam implementasi kesadaran hukum di tengah masyarakat. Adapun lomba Kadarkum sebagai sarana saja dan bukan menjadi satu tujuan utama.

"Oleh karana itu setidaknya apa yang kita dapatkan dari semua materi-materi yang didapatkan tidak hanya sekedar dihafalkan. Tapi menjadi bagian yang bisa merubah dan membawa pelaksanaan implementasi perubahan sikap dan perilaku kita di tengah masyarakat. Tentu akan menjadi satu jejaring dan informasi kepada seluruh anggota di lingkungan masing-masing," ucapnya.

Harapan ke depan, melalui lomba Kadarkum setidaknya akan membawa pengaruh membawa perubahan lingkungan kita menyikapi perundang undangan yang dipelajari ini dapat bermanfaat bukan sekedar menghafal saja. Pihaknya menberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkolaborasi terciptanya satu komponen gerakan sadar hukum.

Kegiatan Lomba Kadarkum Tingkat Kota Tangsel bertajuk "Melalui Lomba Kadarkum Memperkuat Masyarakat Yang Sadar Dan Cerdas Hukum" yang nanti pada 25 September akan dilanjutkan pada lomba tingkat Provinsi Banten dan pada April 2020 akan dibuka pelaksanaan lomba tingkat nasional.

Pada tahun 2011/2012, Tangsel pernah juara satu ditingkat Provinsi Banten. Kemudian melaju pada tingkat Nasional. di harapkan tahun 2019 ini perwakilan dari Kadarkum Kecamatan Ciputat sebagai juara satu dapat melenggang dari Provinsi Banten sebagai juara satu dan melaju ke tingkat Nasional.

Juara kedua disusul oleh Kecamatan Ciputat timur yang mana pada tahun 2011/2012 juara pertama di Tingkat Provinsi Banten.

Kepala Bagian Hukum Setda Kota Tangsel, Mohammad Ervin Ardani menyampaikan perlombaan ini akan dilanjutkan ke tingkat provinsi. jika menang mewakili provinsi pada tingkat nasional. tujuan dibentuknya kelompok Kadarkum di wilayah adalah untuk mensosialisasikan aturan-aturan kepada masyarakat.

"Berkenaan dengan lomba ini ada enam pokok materi meliputi Undang-Undang Perlindungan Anak, narkotika, perdagangan orang, angkutan jalan, teroris dan ITE. Mereka sebelumnya telah mempelajari terlebih dahulu karena pokok pembahasan tidak keluar dari enam udang-udang yang sudah diberikan dalam bentuk modul. Jadi idelanya satu orang menguasai satu materi," katanya di lokasi.

Mekanisme perebutan nilai, dibagi dalam beberapa sesi, pertama lemparan yaitu satu pertanyaan dari kelompok A dilempar ke kelompok B. Kelompok B menjabat pertanyaan kelompok A dengan waktu 90 detik. Pertanyaan itu sudah disiapkan sebelumnya. jika jawaban kurang tepat, kelompok A akan membacakan jawaban yang benar dan tepat. Tugas juri memberikan nilai. Hadir dewan juri dari internal Bagian Hukum Setda yaitu Mohammad Ervin Ardani serta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM pada Kemenkum HAM provinsi Banten,Sri Kurniati Pane dan yang lainnya.

Ada juga perebutan nilai, siapa yang cepat memjabat pertanyaan yang dilempat oleh moderator mereka akan memperoleh nilai tambah. Sebelum tampil, masing-masing kelompok menampilkan yel-yel. Dengan yel-yel semua menjadi cair, tertawa dan senang. Masing-masing kelompok didukung oleh para suporter sehingga penyelenggaraan lomba begitu seru.

Termasuk Airin begitu menikmati sajian dari masing-masing kelompok sambil mengabadikan video melalui telponnya. Setelah itu sebagai bentuk penghargaan bagi tim yang masuk ke final yaitu, Kecamatan Serpong, Serpong Utara, Ciputat dan Ciputat Timur diberikan masing-masing satu juta rupiah. Pihak penyelenggara menyediakan hadian selain piala ada uang pembinaan.

Ulfatussakinah juara tahun 2011/2012 yang juga selaku pembina Kelompok Kadarkum Kecamatan Ciputat Timur, menyampaikan jika pengalaman sebelumnya diperoleh cukup banyak. Selain memang menguasai materi yang dilombakan, karena harus dipelajari, dihafal serta dipahami. "Acara seperti ini cukup bagus, saya sendiri begitu banyak pengalaman di mana juara satu provinsi sampai ke tingkat nasional. hanya saja di tingkat nasional karena lawan-lawannya se Indonesia itu tidak mudah," kenangnya tersenyum. DODI RUSTANDI

 




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Populer
Berita Terbaru
Rabu, 8 Mei 2013 | 18:48
Minggu, 17 Februari 2013 | 22:30
Selasa, 4 Juni 2013 | 23:33
Jumat, 27 Desember 2013 | 13:00
Kamis, 16 Mei 2013 | 16:17
Kamis, 24 Maret 2016 | 08:22
Selasa, 11 Februari 2014 | 14:01
Senin, 11 November 2013 | 17:45
Senin, 26 Agustus 2013 | 08:15
Sabtu, 10 Agustus 2013 | 18:12
Senin, 18 Maret 2013 | 19:24
Kamis, 12 Sepember 2013 | 10:32
Senin, 15 Juli 2013 | 14:44
Selasa, 10 Sepember 2013 | 01:41
Rabu, 29 Januari 2014 | 21:09
Katalog Berita

Nasional

Hiburan

Pariwisata

Ekbis

Komunitas

Urban

Kesehatan

Internasional

Olah Raga

loading...
target=_blank>


target=_blank>