Bambu, Ditangan Pak Husein Jadi Cuan!
Tanggal Posting : Jumat, 27 Mei 2022 | 09:37
Pengirim : Nita Ayu Amalia - Dibaca : 194 Kali
Pak Husein sedang mencat vernis pada kirai bambu di bengkelnya

Jakarta, Jurnalinfo.com- Siapa sih disini yang tidak tahu bamboo dalam bahasa Indonesia jadi bambu? Nah, pasti kamu tidak asing lagi mendengar dan melihat benda bambu kan? Yaps, bamboo adalah salah satu benda yang bisa kamu gunakan untuk membuat suatu kerajinan, seperti bangku, tikar, hiasan dinding, alat musik, tepian, kemotif dan lain sebagainya.

Berawal dari 10 bambu, Husein membuat kerajinan dari bambu dengan hasil yang memuaskan. Kediaman  Rumah Produksi Bambu Pak Husein yang berlokasi di Jl. Delima Jaya IV, RT.2/RW.7, Rempoa, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15412 , merupakan tempat beliau untuk membuat kerajinan bamboo yang sudah berjalan hampir 20 tahun dan sudah terdaftar di google. Salah satu hasil pertama  kali yang dibuat oleh Pak Husein adalah tirai yang biasa disebut sebagai krei. Bermula dari 10 bamboo yang dimilikinya, Pak Husein menekuni keterampilannya dalam membuat kerajinan bambu sehingga kini dapat memproduksi kerajinan bambu hingga ratusan.
 
Pasti teman-teman bertanya kan mengapa Pak Husein memilih kerajinan bambu sebagai salah satu bidang yang di gemarinya? Alasan Bapak Husein memilih kerajinan bambu untuk menghasilkan pendapatan karena Pak Husein menyukai seni. Beliau menganggap bamboo merupakan salah satu kerajinan seni yang tidak akan pernah punah sehingga beliau menekuni keterampilan dan mengasah kreativitasnya dalam mengolah bambu.
 
"Awalnya saya membuat kerajinan bambu ini dari 10 bamboo saja dan mengikuti zaman. Makin kesini kan makin banyak hasil-hasil pengrajin yang bagus, nah saya pun juga ingin memperkenalkan seni dari kerajinan bamboo juga ada loh. Hasil pertama yang saya bikin itu tirai atau krei dan hiasan dinding. Ya alhamdulillah saya menekuni bidang ini hingga saat ini sudah 20 tahun produksi kerajinan alhamdulillah kian hari meningkat pesanannya." ucap Pak Husein saat ditemui di kediamannya.

Meskipun pendapatan yang didapatkan oleh Pak Husein sudah cukup, namun beliau tetap tidak meninggalkan ketekunan untuk menghasilkan kerajinan dari bamboo.

"Kalau orang-orang pada umumnya melihat bamboo itu kan salah satu barang yang biasa aja ya mba. Tapi, menurut saya bamboo itu sebuah seni yang bisa dibentuk apa saja yang kita inginkan. Seni kan tidak akan pernah pudar, jadi saya ingin selalu menekuni kerajinan bamboo ini dan bisa juga saya jadikan hobi. Hobi yang menghasilkan. Ya alhamdulillah hasilnya bisa cukup untuk menafkahi keluarga dan pekerja disini. Memang tidak mudah membuatnya tapi dengan niat dan kegigihan pasti selalu ada jalan yang diberikan sama Tuhan," lanjut ucap Pak Husein.
 

Nah, kira-kira bagaimana ya caranya membuat tirai atau yang biasa disebut dengan krei dari bahan utama bamboo? Berikut cara pembuatannya :

Pertama, bahan yang perlu kamu siapkan yaitu bamboo. Kamu bisa menggunakan bamboo Wulung (bamboo hitam) atau bisa juga dengan menggunakan bamboo Gombong (bamboo putih).

Kedua, potonglah bamboo sesuai dengan keinginan kamu. Biasanya, Pak Husein membuat ukuran sesuai dengan permintaan pelanggan.

Ketiga, setelah proses pemotongan selesai, langkah selanjutnya yaitu membelah bamboo menjadi tipis.
 
Keempat, bamboo yang sudah dibelah kemudian memasuki proses di irat dan di anyam. Proses ini merupakan proses untuk membersihkan kulit bamboo yang kasar agar menjadi halus dan mudah untuk dibentuk.
 
Kelima, setelah proses di irat dan di anyam, kamu bisa membuat krei sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. Salah satu ukuran yang sering digunakan Pak Husein untuk membuat bentuk krei ialah 2x2 m.
 
Proses Pengecatan atau Pernis pada Krei di Rumah Produksi Bamboo Bapak Husein, Rempoa, Tangerang Selatan (22/5/2022)
Keenam, setelah semua proses selesai, kamu bisa mempernis atau mempercantik hasil krei yang sudah kamu bentuk. Pernis ini bertujuan untuk mempercantik dan memperindah hasil dari kerajian bamboo. Proses pernis ini salah satu alternative yang bisa kamu gunakan dan bisa juga tidak kamu gunakan, dapat sesuai dengan keinginanan kamu.
 
Setelah semua proses selesai,  barulah kerajinan bamboo krei ini bisa kamu jual dipasaran.

Nah itu dia salah satu proses pembuatan krei dari bahan utama bamboo. Apakah teman-teman tertarik untuk membuat kerajinan dari bamboo seperti Pak Husein? Kalian bisa banget loh belajar dari Pak Husein yang menjadikan hobi sebagai penghasil cuan.

NITA AYU AMALIA




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait

https://www.esaunggul.ac.id
https://www.beritajakarta.id
https://jurnalinfo.com
Berita Populer
Berita Terbaru
Rabu, 8 Mei 2013 | 18:48
Minggu, 17 Februari 2013 | 22:30
Selasa, 4 Juni 2013 | 23:33
Jumat, 27 Desember 2013 | 13:00
Kamis, 16 Mei 2013 | 16:17
Kamis, 24 Maret 2016 | 08:22
Selasa, 11 Februari 2014 | 14:01
Senin, 11 November 2013 | 17:45
Sabtu, 10 Agustus 2013 | 18:12
Senin, 26 Agustus 2013 | 08:15
Senin, 18 Maret 2013 | 19:24
Kamis, 12 Sepember 2013 | 10:32
Senin, 15 Juli 2013 | 14:44
Selasa, 10 Sepember 2013 | 01:41
Rabu, 29 Januari 2014 | 21:09
Katalog Berita

JURNAL INTERNASIONAL

JURNAL HIBURAN

JURNAL PARIWISATA

JURNAL URBAN

JURNAL HAJI DAN UMROH

JURNAL IDUL FITRI 1443 H

JURNAL NASIONAL

JURNAL NASIONAL

loading...
target=_blank>


target=_blank>