Gion Prabowo : Pafindo Bangkitkan Kesadaran Hukum Anggota Melalui FKPM
Tanggal Posting : Jumat, 1 Juli 2016 | 19:28
Pengirim : didang - Dibaca : 875 Kali
Kombes M Elia,Gion Prabowo dan Rizal Jibran. Foto Kangdidang

Jurnalinfo.com--Keamanan dan ketertiban tidak melulu menjadi tanggung jawab polisi. Dan, masalah hukum dan keadilan pun tidak selalu harus diselesaikan secara hukum.”Bagaimana kalau ada persoalan keadilan atau hukum bisa dibicarakan di tingkat musyawarah dan mufakat bersama. Kecuali upaya musyawarah tidak tercapai baru di bawa ke jalur hukum. Tapi, saya kira kalau ada niatan baik persoalan apa pun bisa diselesaikan secara musyawarah,” demikian dikatakan Ketua Umum Perkumpulan Artis Film Indonesia (Pafindo) RM. H. Bagiono Prabowo, SH, MA, kepada wartawan di sela buka puasa bersama Pafindo dan anak - anak yatim dan piatu, Yayasan Almathiin, Ciputat, Tengerang, Banten, Selasa, 28 Juni 2016.

Pria yang disapa Gion ini menambahkan bahwa dia punya pengalaman dalam hal menyelesaikan kasus tidak harus ke jalur hukum apalagi heboh-heboh di media.”Saya juga seorang pengacara, tapi bukan tipe yang mau ramai-ramai di pemberitaan. Yang teroenting adalah selesaikan kasus dengan cara kekeluargaan,”ujar Gion yang saat itu didampingi oleh Sekjen Pafindo Teddy Perangi, aktor Rizal Jibran.

Pada kesempatan itu turut hadir Kombes Pol M.Elia W Mastoko, SH MM dari Bhabinkamtibmas dan Pambina FKPM mengatakan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melalui Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri mencanangkan FKPM (Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat) sebagai bentuk kemitraan antara polisi dan masyarakat dalam berbagai bidang untuk mendukung keharmonisan hidup bermasyarakat.

Pembentukan FKPM didasari oleh Nawa Cita yang dicanangkan Presiden RI, Joko Widodo bahwa seluruh instansi pemerintah menjabarkan program yang sudah dicanangkan tersebut. Polri sendiri memliki program 1 s/d 6. Program ke 6 ini dijabarkan dalam bentuk program Perpolisian Masyarakat atau Polmas.

“Salah satu bentuk Polmas dijabarkan oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno dengan membentuk FKPM yang dideklarasikan pada 8 Februari 2016. Tujuan adanya Forum ini adalah untuk membuat suatu bentuk kemitraan antara polisi dan masyarakat dalam berbagai bidang untuk mendukung keharmonisan hidup bermasyarakat”, jelas Elia yang diangkat Kabaharkam sebagai Bhabinkamtibnas dan pembina FKPM.

Elia melanjutkan, salah satu langkah konkrit dari FKPM adalah membina komunitas motor besar dengan membentuk Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat Motor Besar Indonesia (FKPM MBI) sebagai pilot project dalam pembinaan berlalu lintas. FKPM MBI ini adalah salah satu organisasi kemasyarakatan mitra Kepolisian, yang secara resmi telah dikukuhkan oleh Bhabinkamtipmas di Gedung Baharkam Mabes Polri Jakarta, pada 6 Maret 2016 lalu.

Semua klub motor besar di Indonesia sudah disosialisasi untuk bergabung di FKPM MBI dan masuk sebagai anggota. Mereka berkomitmen membantu pihak Kepolisian menurunkan permasalahan pelanggaran dan kecelakaan di jalan raya yang cukup banyak. Dengan demikian dapat tercapai problem solving secara lebih cepat karena adanya partisipasi dari masyarakat.

Di FKPM MBI tidak lagi ada klub motor, tetapi kita satu dalam Kemitraan Polisi, dengan taat peraturan, bisa memberikan contoh yang baik pada masyarakat, menghargai orang lain saat mengendarai motor di jalan. Melalui forum kemitraan tersebut Elia berharap FKPM dapat benar-benar berguna untuk masyarakat banyak dalam hal memberi edukasi dan kesadaran hukum.

Harapan Elia, FKPM juga dapat dibentuk dengan organisasi artis seperti Pafindo agar terbina dengan baik hubungan Polisi dan para pesohor di bidang seni tersebut.”Agar jalinan hubungan polisi dan para artis sebagai anggota masyarakat bertambah erat. Sehingga kesadaran hukum juga ada di kalangan artis,”ujar Elia pada saat yang sama juga memberikan bantuan kepada Yayasan Al Mathiin. (didang)

 

 

 

 




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Populer
Berita Terbaru
Rabu, 8 Mei 2013 | 18:48
Minggu, 17 Februari 2013 | 22:30
Selasa, 4 Juni 2013 | 23:33
Jumat, 27 Desember 2013 | 13:00
Kamis, 16 Mei 2013 | 16:17
Kamis, 24 Maret 2016 | 08:22
Senin, 11 November 2013 | 17:45
Selasa, 11 Februari 2014 | 14:01
Senin, 26 Agustus 2013 | 08:15
Sabtu, 10 Agustus 2013 | 18:12
Senin, 18 Maret 2013 | 19:24
Kamis, 12 Sepember 2013 | 10:32
Senin, 15 Juli 2013 | 14:44
Selasa, 10 Sepember 2013 | 01:41
Rabu, 29 Januari 2014 | 21:09
Katalog Berita

Nasional

Hiburan

Pariwisata

Ekbis

Komunitas

Urban

Kesehatan

Internasional

Olah Raga

loading...
target=_blank>


target=_blank>