Jangan Ditiru! Ini Kebiasaan Nyontek Mahasiswa!
Tanggal Posting : Sabtu, 2 Oktober 2021 | 07:37
Pengirim : Natsha Naibaho - Dibaca : 258 Kali
Foto ilustrasi nyontek

Jakarta, Jurnalinfo.com-Mencontek sekarang bukan hanya dilakukan murid sekolah, tapi juga mahasiswa. Apalagi kalau ujian yang dihadapi penuh dengan teori yang harus dihapalkan. Tentunya banyak banget mahasiswa yang gak mau nilainya jelek hanya karena ujian tertulis.

Ujian tertulis ini sering dianggap remeh, karena tugas-tugas yang berat dan seabrek itulah yang dianggap harusnya jadi kriteria penilaian dosen. Kebayang kan sudah susah payah mengerjakan tugas, belajar untuk kuis, dan akhirnya gak dapet nilai A gara-gara ujian tertulis jeblok.

Inilah yang membuat banyak mahasiswa, dan mungkin kamu salah satunya menganggap jika menyontek ini sah-sah aja dilakukan. Tentunya udah gak jaman lagi nyontek atau kerjasama dengan teman memakai kode tangan, karena di kampus soal pilihan ganda dianggap jadul. Pengen tau cara anak kuliahan nyontek, yuk kita lihat.

Menyelipkan Kertas Contekan di Kotak pensil

Cara paling umum dilakukan adalah menyelipkan kertas contekan di kotak pensil. Biasanya kertas contekan ini dibuat menjadi potongan kertas yang sangat kecil, dan dengan tulisan yang kecil juga. Jadi pengawas gak akan curiga. Kalau mau menyontek, tinggal pura-pura mengambil penghapus.

Menulis Jawaban di Bagian Tubuh

Salah satu cara terkonyol, namun sering dilakukan adalah membuat "tato" di bagian-bagian tubuh tertentu. Biasanya karena setiap ujian para mahasiswa wajib memakai kemeja yang rapih, jadi tattoo jawaban di lengan tidak akan terlihat. Beda lagi dong dengan mahasiswi yang lebih lebih kreatif. Mereka bahkan membuat tattoo di paha. Makanya curigain deh temen-temen mahasiswimu yang tiba-tiba mendadak pake rok kalau ujian.

Ini dilakukan karena dosen pengawas, terutama dosen pria gak mungkin dong meriksa hingga ke paha. Bisa dianggap pelecehan. Bahkan, saking kreatifnya para mahasiswi ini bisa aja menyelipkan kertas contekan di balik kerah baju bagian bawah, atau mentatoo dada mereka. Wuihh, canggih kan mereka.

Menulis Jawaban di Berbagai Benda

Membuat contekan juga bisa dilakukan di benda-benda yang kamu bawa. Misalnya di penghapus, pensil, penggaris hingga tutup botol minuman. Untuk membuat contekan seperti ini, biasanya harus dilakukan dengan tulisan yang kecil dan mudah dibaca, juga dengan hati-hati. Karena benda-benda ini lebih mudah dicurigai.

Menulis Jawaban di Meja Tulis

Nah, jika kamu ngeliat teman yang datang paling pagi ketika ujian, bukan berarti dia rajin lho. Datang paling pagi bikin kamu punya banyak kesempatan mencari spot-spot strategis dan tidak terlihat untuk menuliskan jawaban di meja. Biasanya menulis jawaban ini memakai pensil, atau bolpoin khusus yang warnanya agak transparan. Kemudian ditutupin sedemikian rupa, sehingga gak ketahuan dosen pengawas ketika membagikan kertas soal dan jawaban. Bahkan ada juga yang menulis di dinding kelas. Sehingga posisi duduk dekat dinding juga termasuk posisi yang paling diminati.


Lewat Smartphone

Smartphone gak hanya bisa digunakan untuk mencari jawaban dadakan ketika kuis, tapi juga menolong dalam mencontek. Smartphone yang kebanyakan tipis ini, bisa diselipkan di mana aja. Suara dan getarnya dimatikan. Nah, kamu dan teman-teman bisa saling mengirim jawaban dengan memotret jawaban masing-masing, kemudian mengirimnya langsung lewat bluetooth atau email. Tapi pintar-pintar kamu bersembunyi dari dosen pengawas.


Selain cara nyontek di atas, sebenarnya masih banyak lagi gaya menyontek mahasiswa yang sangat kreatif dan belum terpecahkan. Sekadar saran, cukup tahu saja bagaimana temen-temen kamu mencontek. Jika melakukannya , maka saat itu juga kamu tidak lagi percaya dengan otak yang kamu miliki.

NATSHA NAIBAHO




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait

https://www.iisip.ac.id/pmb
https://www.esaunggul.ac.id
https://persija.id
Berita Populer
Berita Terbaru
Rabu, 8 Mei 2013 | 18:48
Minggu, 17 Februari 2013 | 22:30
Selasa, 4 Juni 2013 | 23:33
Jumat, 27 Desember 2013 | 13:00
Kamis, 16 Mei 2013 | 16:17
Kamis, 24 Maret 2016 | 08:22
Selasa, 11 Februari 2014 | 14:01
Senin, 11 November 2013 | 17:45
Sabtu, 10 Agustus 2013 | 18:12
Senin, 26 Agustus 2013 | 08:15
Senin, 18 Maret 2013 | 19:24
Kamis, 12 Sepember 2013 | 10:32
Senin, 15 Juli 2013 | 14:44
Selasa, 10 Sepember 2013 | 01:41
Rabu, 29 Januari 2014 | 21:09
Katalog Berita

JURNAL INTERNASIONAL

JURNAL HIBURAN

JURNAL PARIWISATA

JURNAL URBAN

JURNAL HAJI DAN UMROH

JURNAL IDUL ADHA 1442 H

JURNAL NASIONAL

JURNAL NASIONAL

loading...
target=_blank>


target=_blank>